Archive for the ‘EMULATORS’ Category

Untuk menjalankan emulator di PC/Laptop maka kamu harus menginstall kedua File ini
1. Java Runtime Environment (JRE)
2. Java Development Kit (JDK)

Tanpa kedua programs ini maka emulator tidak akan jalan.

Oke simak baik – baik cara downloadnya biar gak keliru…

1. Pertama buka link ini
http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

2. Nanti akan terbuka seperti ini..

3. Klik Download JDK jika kamu ingin terlebih dahulu mendownload JDK. Nanti akan tampil seperti dibawh ini.

4. Klik Accept License Agrement lalu pilih Program JDK sesuai OS PC/Laptop Kamu. Disini saya menggunakan OS Windows7 (x86)

5. Untuk JRE juga sama seperti mendownload JDK.

Jika kedua program tersebut selesai di download silahkan Jalankan emulatotornya… Ada 2 emulator yang saya bahas di postingan dahulu yaitu:
Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC

Kemulator (Tutorial 01, Tutorial 02, Tutorial 03)

RMS (Record Management System)

Posted: December 31, 2011 in EMULATORS

Apa itu RMS?

RMS adalah singkatan dari Record Management System.

Yaitu Merupakan suatu mekanisme yang digunakan oleh MIDP untuk menyimpan data, dan RMS juga menyimpan kumpulan kumpulan record pada memori.

Nah ini adalah Salah satu jawaban buat pertanyaan :

kenapa Aplikasi ArmorLife itu sangat lemot dan memakan memory yang sangat banyak. beda dengan aplikasi mig33 dan yang lainnya.

Jadi jika kemulator kamu sudah gak enak buat membuka aplikasi atau game java tinggal delete aja isi dari Folder RMS.

Tapi ingat di folder RMS juga tempat penyimpanan username dan juga password jadi jika kamu lupa dengan password kamu, kamu bisa liat di folder RMS.

Untuk pengguna handphone NOKIA (E63/E71/E72) cara mendelete isi RMS ada di folder :/private/102033E6/midlets/(folder aplikasi java).
menggunakan x-plore(FileBrowser) dan juga memanfaatkan patch open4all(untuk membuka folder private). Jadi jika menggunakan hape kamu mesti hack dulu hapenya, tapi jika belum di hack silahkan buka via PC/LAPTOP menggunakan card reader atau kabel data 🙂

Sekian informasinya 😀

Tutorial Kemulator (bag 03)

Posted: December 31, 2011 in EMULATORS

Untuk Tutorial ke Tiganya Cara bagaimana Nge LOGIN dengan banyak ID atau lebih dari 1 ID.
1. Pertama kamu mesti meng-COPY folder kemulator sebanyak yang mau kamu LOGIN.

Misalkan kamu ingin nge-LOGIN 5 ID maka COPY Folder Kemulator Sebanyak 5x di Document.

2. Untuk aplikasi Java(*.jar) nya tidak usah kamu copy.

Karena dengan 5 kemulator cukup dengan 1 aplikasi bisa terbuka.
Kenapa demikian itu akan saya bahas dilain waktu….

Sekarang kamu tinggal buat Shortcutnya di desktop atau tempat yang mudah untuk di buka..
caranya :
1. Masuk ke Desktop Lalu Klik Kanan > Pilih New > Pilih Shortcut

2. Klik Browser > Klik Libraries > Klik Documents > Klik My Documents > Klik Folder Kemulator 01 Lalu Klik Kemulator.exe lalu Klik OK

3. Klik Next Lalu Ganti Namanya dari kemulator.exe menjadi Kemulator 01 Lalu Klik Finish

Untuk Shortcut selanjutnya silahkan ikutan cara sebelumnya yah…

Tutorial Kemulator (bag 02)

Posted: December 31, 2011 in EMULATORS

Untuk Cara Kedua Sangat Simple… Yaitu mendefault aplikasi java(*.jar).

Jadi ketika di pc/laptop kamu ada aplikasi berformat jar jika di klik 2x maka akan dibuka oleh Kemulator.

Untuk mendafaultnya dengan cara :
1. Klik kanan aplikasi ArmorLife.jar Pilih Properties

2. Ada bagian Opens with – Klik Tombol Change…

3. Nanti kamu disuruh mencari aplikasi untuk membuka secara defaultnya… Klik Browser. Tapi jika ada di Recommender Program tinggal kLik aja Kemulator.exe nya.

4. Masuk Ke Document klik aja kemulator.exe nya…

5. Dan silahkan sekarang kamu bisa mengklik 2x aplikasi ArmorLife.jar

Tutorial Kemulator (bag 01)

Posted: December 30, 2011 in EMULATORS

TAHAP PERTAMA (Siapin Peralatan)
1. Download Kemulator.zip
2. Download JDK & JRE (untuk menjalankan emulator).
Tanpa kedua aplikasi ini emulator tidak akan jalan. Sama halnya dengan Sun Java wireless yang dulu pernah saya posting.

TAHAPKEDUA (Pemindahan & Penginstalan)
1. Buka kemulator.zip

2. Blok folder kemulator dan juga ArmorLife.jar (untuk tutorial.txt gak usah di copy kalo mau di copy jg gpp)

3. Lalu klik kanan pilih COPY.

4. Pilih Document untuk memPASTE keduanya disana.

(Tutoral Kemulator 01)
1. Masuk ke Document cari folder kemulator lalu klik.

2. Klik kemulator.exe yang ada di folder kemulator tadi.

3. Lalu klik Midlet > Pilih Load Jar (ingat jangan milih Load With Console).

4. Nanti akan terbuka tempat dimana kita menyimpan aplikasi java (*.jar).
Silahkan klik aja Document karena tadi kita mengCOPY ArmorLife.jar ke Document.

5. Oke Selesai… silahkan dicoba….

Postingan kali ini gw mau kasih tau cara membuat file jad secara manual.
Untuk menjalankan sebuat aplikasi jar di Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2_01 dibutuhkan file jad.

Jika kalian sering download aplikasi armor editan milik temen kalian pasti yang didownload cuman file jar nya saja.
Nah gimana kalau file jar yang kalian download tadi mau di jalanin di Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2_01 sedangkan file jad nya tidak ada.

Oke langsung aja yah…

Gw kasih contoh aplikasi armorlife yang kemarin gw post disini tentang (Menjalankan App ArmorLife via PC With Emulator Java (Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC)).

Disitu ada 2 file armorlife.jar sama armorlife.jad

oke liat isi dari file MANIFEST.MF dibawah ini yang gw ambil dari file armorlife.jar


Manifest-Version: 1.0
DefaultShowPopupAlert: 1
InternetOnly: 1
MIDlet-Version: 5.2.1
Nokia-MIDlet-On-Screen-Keypad: no
FlipInsensitive: true
LANG: en
MIDlet-Name: Armor Life
VerTag: telk_armor
Nokia-MIDlet-No-Exit: true
Ant-Version: Apache Ant 1.7.0
SubV: 100719
LangPrompts: Gunakan Bahasa Indonesia,Use English
LangNames: Bahasa Indonesia,English
MIDlet-1: Armor Life,/logo.png,Main.MORANGE
MicroEdition-Configuration: CLDC-1.0
Domain: telk_armor
ShowPtr: 0
SvrW: http://monetfree.armor.co.id:8080
MicroEdition-Profile: MIDP-2.0
NoApps: 1
ResetPwdSmsContent: PWD
MIDlet-Vendor: Telkomsel
NoAutoReg: 1
SvrA: http://monetfree.armor.co.id:8080
C: email;files
Created-By: 1.6.0-b105 (Sun Microsystems Inc.)
SvrI: socket://monetfree.armor.co.id:4018
ResetPwdSmsShortCode: 2469
WelcomePrompt: WelcomePrompt
Background: true
LangKeys: id,en
CSplashBg: 0xFFFFFF

Dan Ini isi dari file armorlife.jad


DefaultShowPopupAlert: 1
InternetOnly: 1
MIDlet-Version: 5.2.1
Nokia-MIDlet-On-Screen-Keypad: no
FlipInsensitive: true
LANG: en
MIDlet-Jar-URL: armorlife.jar
MIDlet-Name: Armor Life
VerTag: telk_armor
Nokia-MIDlet-No-Exit: true
SubV: 100719
LangNames: Bahasa Indonesia,English
LangPrompts: Gunakan Bahasa Indonesia,Use English
MicroEdition-Configuration: CLDC-1.0
MIDlet-1: Armor Life,/logo.png,Main.MORANGE
Domain: telk_armor
ShowPtr: 0
SvrW: http://monetfree.armor.co.id:8080
MicroEdition-Profile: MIDP-2.0
NoApps: 1
ResetPwdSmsContent: PWD
MIDlet-Vendor: Telkomsel
NoAutoReg: 1
SvrA: http://monetfree.armor.co.id:8080
C: email;files
Manifest-Version: 1.0
SvrI: socket://monetfree.armor.co.id:4018
ResetPwdSmsShortCode: 2469
WelcomePrompt: WelcomePrompt
MIDlet-Jar-Size: 473646
Background: true
LangKeys: id,en
CSplashBg: 0xFFFFFF

Coba liat perbedaannya 😀 yang dah gw kasih warna merah. jadi file jad itu isinya adalah file manifest.mf yang ditambah kode MIDlet-Jar-URL: armorlife.jar sama MIDlet-Jar-Size: 473646 ,
473646 disini artinya ukuran file aslinya 480 KB (kilobyte).

Oke segitu aja penjelasan dari postingan ini 😀 semoga kalian ngerti dengan postingan ini 😀

Hari ini gw mau kasih tutor cara menjalankan aplikasi ArmorLife di PC/Laptop dengan menggunakan emulator Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC.

Sebenernya Masih banyak Emulator yang bisa kalian gunakan seperti SJBOY, Kemulator, atau microemulator.

Tapi jika kalian yang suka JUJUM/KUJUM (asal kata dari MOJOK/MUJUK cuman dibalik), wa saranin pakai software Emulator Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC. Karena aplikasi ini sangat enak sekali buat mujuk huahahahay… 😀

TAHAP PERTAMA siapkan bahan-Nya:
1. Laptop/PC (OS: XP/Vista/Windows7)
2. Java Runtime Environment (JRE) & Java Development Kit (JDK) download disini
3. Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC
4. Aplikasi ArmorLife.jar (*.jar) & ArmorLife.jad (*.jad)

TAHAP KEDUA:
1. Install JDK, JRE, Sama Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2_01 for CLDC.

2. Setelah Terinstall semua siapkan folder Armorlife, lalu letakan Armorlife.jar sama Armorlife.jad di folder tersebut.

3. Lalu buka Sun Java Wireless Toolkit 2.5.2_01 di menu Program.

4. Lalu Klik File > Create Project From jad/jar file..

5. Cari Folder Armorlife tadi lalu disitu akan terlihat file Armorlife.jad. Klik aja filenya…

6. Nanti akan ada bacaan Project “armorlife.jad” loaded. itu artinya file armorlife.jad tadi sukses terload maka kamu sudah siap meRuning aplikasi armorlife menggunakan sun java ini.

7. Silahkan Klik Run nanti akan keluar seperti gambar dibawah ini..


Oke Selamat Mencoba yah…
NB:
– Karena ukuran file diatas lumayan gede2, silahkan gunakan WIFI buat ngedownloadnya. kecuali klo lu pake paket unlimited SMART atau unlimited AXIS.